Masyarakat Tidak Khawatir, Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Sapi Siap Potong Cukup

    Masyarakat Tidak Khawatir, Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Sapi Siap Potong Cukup
    Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo

    DELI SERDANG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo  memastikan stok ketersediaan sapi siap potong dalam kondisi aman dan cukup. Hal ini disampaikannya usai meninjau instalansi karantina hewan PT.Juang Jaya Abdi Alam, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (3/3/2022).
     
    "Hari ini saya ada di PT Juang Jaya Sumatera Utara dan ini adalah salah satu kekuatan , katakanlah kesiapan daging untuk kebutuhan Sumatera Utara dan sekitarnya. Dan ternyata kesiapan ini sampai dengan bulan Mei bahkan Juni juga masih sangat aman, " ucap Mentan saat diwawancarai usai melakukan peninjauan. 
     
    Mentan mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo validasi data dan faktualisasi dilapangan harus dilakukan. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak dalam memastikan data yang diterima sesuai dengan data yang ada dilapangan diantaranya melalui peninjauan langsung peternakan sapi yang ada.
     
    "Oleh karena itu saya kira ketersediaan daging menurut saya, baik yang ada di Sumatera, terutama yang ada di Sumatera Utara ini, baik  yang kemarin kita cek di Jawa khususnya Jabodetabek bahkan di daerah-daerah yang di timur  masih sesuai dengan data, "kata Mentan SYL.
     
    Berdasarkan data konsumsi dan prediksi setiap tahunnya, Mentan meminta masyarakat untuk tidak khawatir akan ketersediaan sapi siap potong khususnya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. 
     
    "Ada dinamika harga ya memang seperti itu dalam momentum-momentum yang ada, tapi saya berharap psikologi bahwa tidak ada ketersediaan, akan ada kekurangan jangan sampai ini berlebihan.  Kita boleh khawatir tapi tidak boleh berlebihan karena ternyata ketersediaan cukup, " tegas Mentan.
     
    Berdasarkan update data per 2 Maret 2022 hasil pendataan dan verifikasi secara faktual data ketersediaan daging sapi/kerbau bulan Maret hingga Mei 2022 sebanyak 234.091, 2 ton, sedangkan kebutuhan sebanyak 202.937, 8 ton, sehingga masih ada surplus sebanyak 31.153, 4 ton. 
     
    Komposisi ketersediaan daging tersebut terdiri dari: (1). Produksi Sapi/Kerbau Lokal sebanyak 445.884 ekor atau setara daging 80.268, 0 ton; (2). Total Sapi Bakalan Impor siap potong pada bulan Maret-Mei sebanyak 143.464 ekor atau setara daging 27.500, 6 ton; (3). Daging Sapi/Kerbau beku impor sebanyak 95.114, 8 ton.
     
    Bersamaan,  Manager Farm PT. Juang Jaya Abdi Alam, David Yasin menyebutkan stok sapi siap potong  di Sumut aman. Populasi sapi saat ini sebanyak 3.643 ekor, dengan sapi siap potong untuk bulan Maret 2022 sebanyak 950 ekor dan untuk bulan April sebanyak 1.450 ekor, serta bulan Mei sebanyak 1.250 ekor.
     
    "Kita ada sekitar 3600 ekor dan itu sampai kebutuhan juni nanti. Kita juga ada rencana masuk nanti pertengahan bulan ini sekitar 1800 ekor.  Bulan depan itu 1200 ekor  dan bulan mei juga ada masuk 1000 ekor rencana yang kita sudah booking dari jauh-jauh hari, "tutup David. (***)

    Syahrul Yasin Limpo
    Publikjatim.com

    Publikjatim.com

    Artikel Sebelumnya

    Sri Wahyuni Nasdem Pastikan Kawalan Program...

    Artikel Berikutnya

    Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Eksportir...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 449

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory W

    Basory W verified

    Postingan Bulan ini: 104

    Postingan Tahun ini: 659

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 91

    Postingan Tahun ini: 596

    Registered: Sep 23, 2021

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 80

    Postingan Tahun ini: 82

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Darus Sholihin FC Juara Grub Wilayah Surabaya Dalam Turnamen Liga Santri Piala Kasad TA 2022
    Babinsa Koramil 03 Gubeng Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan. 
    Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Polri Ajak Masyakarat Berkarya Lewat Sederet Lomba
    Kunjungi Koramil Sapeken, Dandim 0827/Sumenep Beri Arahan Dan Pamitan

    Rekomendasi

    Babinsa Hadir Di Puskesmas Bantu Pelayanan Demi Kelancaran Pelaksanaan Vaksin Covid -19
    Idul Adha 2022, DD Cabang Jatim Salurkan 2.238 Ekor Domba Sehat
    Resmi, Kabupaten Gresik Miliki Rumah Vokasi Pertama di Indonesia
    Siti Nurbaya Bakar Dikukuhkan Sebagai Profesor Kehormatan UB
    Pengembangan Zona Kreatif, Inovatif dan Produktif Desa Wisata BUM Desa Jatim, Gubernur Khofifah : BUM Desa Sebagai Ujung Tombak Penguatan Pemberdayaan Serta Ketahanan Desa

    Ikuti Kami